Pages

Wednesday, December 10, 2014

Kopi Aroma, Kopi Legendaris Dari Bandung


Hari ini kita ngopi Kopi Aroma yaaaa...

Pernah denger Kopi Aroma? bagi masyarakat Bandung Kopi Aroma sudah tidak asing lagi. Karena pabrik Kopi Aroma adalah pabrik kopi tertua di Bandung. Didirikan pada tahun 1930an di Jl Banceuy 51 Bandung, pabrik kopi ini masih mempertahankan mesin-mesin jadul pengolahan kopinya.


Saya pernah sekali mengunjungi pabrik Kopi Aroma tahun 2013 lalu. Tempatnya cukup sederhana bahkan kesan kuno sangat tampak sekali ketika kita melihatnya, dan tentu yang paling kusuka adalah aroma kopinya sudah tercium beberapa meter dari tersebut.



Kopi Aroma ini unik, karena diperlukan proses yang sangat cukup lama untuk menghasilkan kopi yang siap minum. Bayangkan mereka menyimpan kopi tersebut selama bertahun-tahun sebelum proses roasting. Untuk jenis Arabika mereka menyimpannya selama 8 tahun dan Robusta disimpan selama 5 tahun. Proses ini dilakukan untuk menurunkan kadar keasaman yang ada dalam kopi. Dan tentu saja akan meningkatkan cita rasa dari kopi tersebut.

Nah hari ini berhubung lagi cuti dan cuacanya lagi mendung-mendung jadi paling cocok kita nyeruput-nyeruput Kopi Aroma..

Kedai kopi di Surabaya yang menggunakan Kopi Aroma sebagai "induk" kopi dalam menu-menu kopi lainnya adalah Kopi Oey. Kopi Oey milik Pak Bondan Winarno ini memang sedari dulu konsisten menggunakan Kopi Aroma. Jadi untuk warga Surabaya jika ingin merasakan kopi legendaris tersebut wajib datang ke Kopi Oey dan pesan Kopi Toebroek Djawa, dan kalian akan mendapatkan segelas Kopi Aroma yang disajikan dengan cara tubruk.









No comments:

Post a Comment