Pages

Saturday, October 8, 2011

Hujan Pertama

Hari ini hujan gak ya?
Jujur aku sangat mengharapkan hari ini hujan. Kenapa? karena semenjak kecil aku telah menandai efek dari sebuah turunnya hujan pertama.

Jadi jika hujan pertama turun pada awal bulan Oktober (tanggal 1-10 Oktober) dan terjadi pada sore hari, maka biasanya hujan akan mengguyur rutin setiap hari sesudahnya. Mengguyur antara jam 3 sore dan mulai reda menjelang pukul 4 sore. Mengguyur teratur dan lembut, seirama semilir angin, dan beraroma menyegarkan. Sesudah itu perlahan awan mendung tersibak berganti langit biru. Matahari menyinari dahan-dahan yang masih basah. Burung-burung kembali berkicau dan terbang.

Bunga-bunga Daffodil yang tumbuh liar sepanjang jalan kampung akan mekar kuning bersamaan. Rerumputan menghijau. Pun demikian dengan padi yang akan dipanen tepat waktu, bahkan pernah beberapa tahun lalu sempat panen dua kali. Mendadak semua orang menjadi riang gembira.

Biasanya dulu setelah hujan reda, aku dan teman-teman berlarian menyusuri jalanan kampung yang masih basah, lalu dengan isengnya aku goyangkan dahan-dahan pohon yang masih basah hingga membuat temanku yang dibawahnya basah. Lalu kami berebut jalan menyusuri parit kecil yang masih deras dialiri air hujan, membuat kapal-kapalan dari pelepah pisang dan beradu cepat hingga ke bantaran danau. Disana kami duduk bersidekap memandang Bangau-Bangau yang berenang kesana-kemari..
Kampungku begitu mempesona, seolah-olah surga dipindahkan ke kampungku.

Dan hujan syahdu itu akan berangsur lenyap hingga akhir Maret. Awal April hujan lenyap seketika. Tapi, di warung kopi masih bisa kita dengar orang-orang bercerita tentang pengalaman menakjubkan mereka sepanjang musim penghujan tersebut.

Namun jika hujan pertama tidak turun di awal bulan Oktober (walau telat barang satu hari) maka alam dipastikan kacau balau. Hujan turun tidak teratur, kadang pagi hari merepotkan orang yang hendak berangkat kerja, kadang turun malam hari merepotkan orang yang hendak ke masjid. Kadang menyebabkan banjir dan merugikan petani dan padi-padi mereka. Pun demikian dengan waktunya, kadang kala sepanjang hari namun adakalanya sebentar tak sampai 10 menit sehingga menbuat ibu-ibu jengkel karena tergopoh-gopoh mengambil jemuaran mereka.

Itulah kawan kenapa aku mengharapkan hujan turun sore ini. Hufff..tinggal 2 hari ya? kalo gak turun dalam dua hari ini gak kebayang deh.. :(

No comments:

Post a Comment