Pages

Thursday, December 11, 2014

Menikmati Kopi Papua Wamena dengan metode V60 Pour Over ala Le Cafe Gourmand

Masih dengan suasana cuti dan mendung-mendung malas, karena sebenernya mendung-mendung kayak gini cocoknya ya buat bermalas-malasan. Tapi kayaknya lebih enak kalo malas-malasannya di kedai kopi. Sambil nyeruput-nyeruput kopi lalu gerimis turun..waaahh syahdu banget tuh..

Umm kali ini saya nyoba di salah satu kedai kopi favorit saya di daerah barat Surabaya. Namanya Le Cafe Gourmand, kedai kopi ini menggunakan Perancis sebagai tema nya, baik menu maupun segi interiornya, bahkan lagu yang mereka puter lagu-lagu Perancis semua.



Kenapa saya suka dengan kedai kopi ini? karena kedai kopi ini menyajikan single origin coffee dari Indonesia, seperti Sumatra Gayo, Papua Wamena, dan Bali Kintamani. Tau kan kalo Indonesia itu kaya banget akan keanekaragaman kopi. Dan kopi-kopi Indonesia sudah sangat terkenal di seluruh dunia bahkan gerai-gerai kopi luar negeri pun menggunakan kopi dari Indonesia, tinggal bagaimana kita orang-orang Indonesia ini lebih  mengenal kopi-kopi Indonesia. Dan Le Cafe Gourmand ini sedikit banyak membantu kita utuk lebih mengetahui kopi-kopi Indonesia tersebut.

Kali ini saya pesen kopi Papua Wamena, kopi ini sangat pekat sekali dengan tingkat keasaman rendah. Dari yang pernah kubaca, Kopi Papua Wamena bisa dikatakan kopi "langka", karena Papua sendiri sangat sedikit sekali menghasilkan kopi untuk ekspor, karena mungkin kurangnya insfrastruktur yang memadai. Bayangkan mereka menanam kopi ditempat yang sangat terpencil di daerah lembah Baliem, yang lokasinya hanya bisa ditempuh dengan jalur darat yg kadang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Tapi dengan lokasi yang di tengah hutan dan jauh dari modernsasi itu membuat cita rasa kopi Papua Wamena ini terasa menakjubkan.


Di kedai kopi ini ada beberapa metode untuk brewing kopi, seperti menggunakan syphon, cold drip, pour over, chemex dan aeropass, dan saya memilih pour over.
Metode ini sebenernya menurut saya paling ribet. Banyak sekali ubo rampe yang harus disiapkan, misalnya kopinya harus ditimbang dulu, paper filter nya harus dibasahin pake air panas dulu biar aroma kertasnya ilang, trus suhu air juga perlu diperhatikan. 

Jadi itu kan ada alat untuk Pour Over, namanya V60, bentuknya kayak kerucut dan diletakkan diatas cangkir. Lalu paper filternya diletakkan diatas kerucut dibasahin pake air panas didiemin beberapa detik. Trus kopi yang udah digrind diletakkan diatas paper filter tadi. Perlahan dituang air panas sedikit, diaduk perlahan, laLu dituang lagi. Nanti kopi hasil ekstraksi tadi akan keluar dan tersaring oleh pori-pori paper filter dan meluncur ke cangkir di bawahnya.



Metode ini membuat pahit di kopi berkurang. Ada yang mau? hmmmmm yummy


1 comment:

  1. While couples try to find balance and calm, divorce is certainly a violent time. There's a need for comprehensive organizing also it works with utilizing of ability. Someone said an interesting e-mail from Joe Kern, in which he describes exactly how this individual recently obtained a camcorder, as well as microphones and lighting to produce the ideal movie to promote their products online, only to find he or she did not have the know-how as well as ingrained talent to achieve success.
    divorce lawyers
    No person asks for any divorce. Divorce is really a rough time for any individual. Every time a person repeats your threaten, "till demise do people element,In . we all never have to deal with a separation. Despite the fact that, because of selected life circumstances, divorce does discover their way into our way of life and now we must package. In order to get with the challenging means of divorce, it is crucial to experience a divorce attorney.

    ReplyDelete