Pages

Monday, July 12, 2010

Tantangan Panglima TNI



Masalah Penggantian Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso mulai ramai dibicarakan. Mantan kepala staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu memasuki usia pensiun pada 8 September 2010. Sesuai dengan UU No 34 Tahun 2004 tentang TNI, usia maksimal panglima TNI adalah 58 tahun. Dia menjabat panglima TNI sejak 28 Desember 2007. Kandidat terkuat yang menduduki jabatan tertinggi TNI adalah Laksamana Agus Suhartono. Laksamana Agus Suhartono merupakan lulusan Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) tahun 1978. Beliau pernah menduduki sejumlah pos penting di lingkungan TNI-AL. Pria kelahiran Blitar 25 Agustus 1955, itu antara lain Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim, Asisten Operasi KSAL, Pangarmabar, dan terakhir Irjen Departemen Pertahanan.

Siapapun nantinya yang akan menjabat sebagai Panglima TNI, masalah alutsista nampaknya masih menjadi tantangan berat yang dihadapi TNI. Jadi nantinya Panglima TNI harus bisa mencari jalan keluar terhadap permasalahan tersebut. Tantangan lain yang tidak kalah besarnya adalah adalah komitmennya untuk mengawal reformasi militer dan menjaga kualitas profesionalisme prajurit.

Nah sebagai masyarakat umum saya mengusulkan jika anggaran militer untuk TNI-AU ditambah, karena dibandingkan dengan Angkatan Darat dan Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara menerima anggaran paling kecil. TNI AU mempunyai tugas dalam mengendalikan dan mengamankan wilayah udara nasional yang luasnya mencapai 5,3 juta km persegi. Dengan peralatan yang sekarang nampaknya TNI AU kita masih jauh dari kekuatan minimal.

Tapi kembali ke awal bahwa masalah alutsista ini bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI saja, tetapi elit politik dalam hal ini sipil. Karena bagaimanapun sipil lah yang menentukan kebijakannya. Pertanyaannya : Apakah sipil mampu berkomitmen dengan tegas mengenai masalah ini? Banyak sekali kasus ketika TNI mengajukan RUU mengenai anggaran militer ke parlemen tetapi tidak mendapat tanggapan atau mengulur-ulur waktu dan menggerogoti anggaran yang telah diajukan, padahal masalah militer adalah masalah yang sangat penting bagi negara dengan ancaman yang sangat kompleks.

No comments:

Post a Comment