Pages

Friday, December 11, 2009

Indomie Indonesia Dan Nigeria


Indomie...
Makanan instan ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia...
Semua pernah makan makanan instan ini...
Apalagi bagi anak kost...sudah menjadi kewajiban untuk memiliki makanan wajib di lemarinya...termasuk penulis...hahahaha...

Penulis jadi teringat akan sebuah link yang mengatakan bahwa Indomie menjadi makanan pokok di Nigeria.

Sebagai masyarakat Indonesia yang sudah sangat menyatu dengan makanan tersebut, apalagi sampai-sampai jingle mie instan tersebut dijadilkan jingle kampanye salah satu incumbent dalam Pemilu 2009 lalu, bagaimana sikap kita menghadapinya?

Apakah anda memperlakukan Nigeria seperti Malaysia ketika mengklaim Rendang sebagai budaya kuliner negeri mereka? Ataukah anda berbangga dengan hal tersebut mengingat makanan buatan kita menjadi primadona di negeri orang nan jauh disana?

Oke perlu diingat...
Bahan baku Indomie itu kan gandum...kita tidak menanam gandum, karena kita menanam padi. Gandum yang dibuat Indomie itu diimpor dari Australia. Jadi jangan pernah menganggap Indomie itu makanan pokok kita. Entah jika suatu saat nanti kita bisa mengganti gandum tersebut dengan ubi-ubian, sagu, atau sukun. Setidaknya hal itu mengurangi impor gandum kita dan benar-benar menjadikan Indomie menjadi makanan asli Indonesia.
Bukankah ada pepatah baku di kehidupan kita yang berbunyi:
"Orang Indonesia kalo belum makan nasi belum kenyang"???.

Selain itu...makanan seperti Indomie dan mie instan lainnya itu kan sarat MSG dan zat pengawet lainnya, jadi kita tidak usahlah membela berlebihan tentang masalah ini. Malah sebaiknya kita mencoba untuk mengurangi menkonsumsi mie instan.

Wah...jadi ingat betapa teman penulis pernah masuk rumah sakit gara-gara infeksi lambung, katanya dia kebanyakan makan mie instan. Tapi penulis tidak bisa memungkiri bahwa Indomie telah menyelamatkan kami para korban Gempa Jogja 2006 silam dari kelaparan, mengingat pada waktu itu tiap rumah mendapat bantuan 3 kardus mie instant. Hahahaha...

----------------
Just fun aja...

No comments:

Post a Comment