Pages

Wednesday, October 14, 2009

Revitalisasi Pertanian

Betapa berubahnya pedesaan sekarang ini..dulu ketika pulang, sepanjang Jalur Sby-Madiun-Solo-Jogja terbentang sawah hijau nan indah..sekarang berganti dg bagunan pabrik,perumahan,toko2,dll Halo..pemerintah???gmn dg Revitalisasi Pertanian yg kau dengung2kan bertahun2 yg lalu?masih adakah niat kalian utk memajukan sektor pertanian?? gak lucu klo negara ini sbg negara agraris tp lahan pertanian dg gampangnya dialih fungsikan..

Revitalisasi Pertanian sangat diperlukan kalau kita ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya kalangan petani..karena dengan pertumbuhan ekonomi disektor bawah..dalam hal ini pedesaan yg mayoritas penduduknya adalah petani..maka pertumbuhan akan merembet ke atas (kota)..contohnya meminimalkan urbanisasi yg semakin lama semakin membuat kehidupan di kota tidak ideal..

Bagimana caranya? cara simpel adalah dengan memperketat ijin pengalihfungsian lahan2 pertanian yg ada di pedesaan..malahan kita justru harus menambah lahan2 tersebut..selain itu masalah kelangkaan pupuk, infrastrukutr yg mendukung pertanian seperti jalan, jembatan, irigasi dan air bersih juga perlu diperbaiki..

Negara kita ini belum siap untuk maju meninggalkan brand negara agraris..karena dari sektor itulah kita bisa bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi.. Wilayah..masyarakat..dan budaya Indonesia memang mendukung untuk menjadikan sebagai negsra agraris yg besar..hanya saja perhatian pemerintah terhadap pertanian kurang..

Semoga Kabinet baru yg pimpin oleh Doktor Pertanian ini bisa memoderinsasikan pertanian dan menjadikan petani sebagai profesi yg diperhitungkan..

No comments:

Post a Comment