Pages

Wednesday, October 14, 2009

Siskamling Sebagai Implementasi Doktrin Pertahanan Indonesia


Dalam Doktrin Pertahanan Indonesia, disebutkan bahwa penyelenggaraan mengenai Pertahanan Keamanan melibatkan seluruh kekuatan bangsa terdiri dari Tentara Nasional Indonesia sebagai komponen utama di bidang Pertahanan dan Polri sebagai komponen utama di bidang keamanan serta di dukung oleh rakyat sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung.

Komponen Pendukung Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta adalah bentuk lain dari partisipasi Rakyat secara aktif dalam pertahanan. Komponen itu terdiri dari segenap warga negara RI yang secara sukarela menyatakan kesediaannya menjalankan berbagai fungsi dukungan bagi kegiatan yang dilakukan Pemerintah dan TNI dalam rangka pertahanan keamanan.

Peran rakyat juga sangat penting dalam pertahanan keamanan..sebab itu hal ini dimuat dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 30..seluruh rakyat Indonesia ikut serta membangun Daya Tangkal dan Daya Pelaksanaan Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta yang sebaik-baiknya..

Cara yang paling sederhana dilakukan rakyat dalam usaha bela negara adalah dengan kembali mengefektifkan kembali kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

No comments:

Post a Comment